Menu

Praktikum 10 : Client-Server TCP dengan menggunakan Bahasa Pemrograman Java

LAPORAN PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER
CLIENT-SERVER TCP DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA







                                                                            

Disusun Oleh :


Febriana               064001600017
Alfando Halatu    064001800023
Putry Shan           064001800012
Carmelita Evani   064001800037





Teknik Informatika
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Trisakti
Jakarta – Indonesia
2019






Tujuan
Laporan ini dibuat untuk melengkapi tugas mata kuliah jaringan komputer, dapat memahami program komunikasi antar proses dengan soket melaui program java, dapat memahami program client untuk layanan server yang ada dengan virtual program java.

Teori Percobaan
Client Server adalah sebuah bentuk arsitektur yang merujuk pada cara menyalirkan aplikasi antara kedua pihak, yaitu client dan server. Client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi. Server aadalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanan. 

Komponen client ini biasanya dijalankan pada sebuah workstation. Pemakai worsktation data dengan menggunakan teknologi pemrosesan tertentu, kemudian mengirimkannya ke komponen server, umumnya berupa permintaan layanan tertentu yang dimiliki oleh server. Komponen server akan menerima permintaan layanan tersebut dan langsung memperosesnya serta mengembalikan hasil pemrosesan kepada client. Client pun menerima informasi hasil pemrosesan data tadi dan langsung memprosesnya serta mengembalikan hasil pemrosesan kepada client. Client menampilkannya kepada pemakai dengan menggunakan aplikasi yang digunakan oleh pemakai.

Salah satu contoh dari client server adalah aplikasi pada web yang di desain dengan menggunakan ASP (Active Server Pages). Skrip dari ASP tersebut akan dijalankan pada web server (Internet Information Service atau Apache), sedangkan skrip yang berjalan pada pihak client akan dijalankan oleh browser web pada komputer client atau workstation.


CARA PERCOBAAN
1. Siapkan dua laptop untuk percobaan. Laptop ke-1 untuk server laptop ke-2 untuk client
2. Tulis Source code untuk laptop client
3. Tulis Sourcode untuk laptop server








4. Jalankan program server terlebih dahulu

    5.Sekarang jalankan program client
      https://lh3.googleusercontent.com/tVksl4DePMUj9kgYpMYRw5yCFWvBrly5o5732DKj4mQdq_0v2fBzDdkYrERAex3SpoumY1LjvXBAFX8CgGpF3mD7AC2Dfuzex1y5oinvbjANqxFAmbHtoHnuzsGtfqJthJBtxJbBJye456e9VQ

      6. Selanjutnya kita mengirim pesan dari Client dan akan diterima oleh Server dan proses chatting berhasil.




        KESIMPULAN

        Jaringan client server didefinisikan sebagai suatu arsitektur jaringan komputer dimana perangkat client melakukan proses meminta data, dan server yang memiliki tugas untuk memberikan respon berupa data terhadap request tersebut.

        Perangkat client biasanya berupa perangkat komputer dengan aplikasi software jaringan yang telah terinstal guna untuk meminta dan menerima data melalui jaringan.

        Tidak ada komentar:

        Posting Komentar